Rabu, 02 Desember 2009

   Pd saat lg bingung di antara informasi yang ada di internet, saat mencari brng atau info pd mesin pencari (yahoo, google, dll..) malah tidak dpt apa yg dicari. Nah ada 3 kemungkinan, pertama adalah soal relevansi yg mana sampai sekarang pun para situs pencari-pun masih berjuang untuk memberikan halaman hasil pencarian yang relevan. Kedua, situs pencari menampilkan hasil pencarian bukan hanya kata atau frase yg diketikkan namun juga gabungan dari keduanya. Dan terakhir, karena situs pencari tidak memiliki informasi yg kita cari dlm indeksnya, kenapa?  karena informasi tersebut terkunci dalam suatu bak database, nah sumer informasi "tersembunyi" inilah yg disebut dengan istilah "deep web" atau "invisible web".

 Secara umum halaman web dibagi menjadi 2, halaman web permukaan yg mudah dilihat oleh spider atau crawler dari situs pencari & halaman web dalam yg mana dilindungi oleh password, berbasis script, private network & web yg sengaja disembunyikan. Alamat dari "deep web" sebenernya dapat tercatat oleh crawler tetapi isi informasi tersebut tidak dapat dicatat.


   Mungkin dengan informasi dari halaman permukaan web saja sudah cukup tetapi tidak selalu mudah mencari lewwat situs pencari apalagi jika hal itu cukup rumit. Faktanya adalah situs pencari hanya dapat mencari sebagian kecil informasi yg supercepat ini (websearch.com).



Ini adalah beberapa gateway yang dapat dipakai untuk memanfaatkan deep web :
  • Direct Search (http://www.freepint.com/gary/direct.htm)
  • Invisible Web Directory (http://www.invisible-web.net/)
  • Resource Discovery Net-work (http://www.rdn.a.uk/)
  • InfoMine (http://infomine.ucr.edu/)
  • Virtual Libary (http://vlib.org/)
Kalau sudah mencoba & memasuki link-link tsb br deh tahu kalo informasi yg tersimpan di internet tuh banyak banget...

1 komentar: